Masjid Al-Khoir

Januari 12, 2008

Indahnya Surga

Filed under: Al-Ilmu — masjidalkhoir @ 5:27 am

Surga adalah sebuah tempat yang akan dimasuki oleh orang-orang beriman bertaqwa dan mau beramal shalih, serta merupakan tempat bagi orang-orang yang dikaruniai oleh Allah. Dari kalangan para Nabi, Shiddiqin, Syuhada” dan orang-orang shali sebagai balasan kemudian di kampung akhirat Surga adalah cita-cita yang sangat mulia yang membuat mata terpesona melihat taman-tamannya, yang dirindukan oleh setiap manusia disetiap tempat dan zaman. Sesungguhnya Surga itu adalah cita-cita yang paling agung bagi seorang mukmin. Memasukinya dan hidup di dalamnya adalah sebuah sebuah harapan yang selalu dipikirkannya sepanjang umurnya, sehingga Surga membuat seseorang segera menuju kebaikan dan kebenaran walaupun di dalam perjalanan menujunya dipenuhi bahaya, kesulitan, pengorbanan, dan penuh duri, bahkan kematian.

Sehingga dengan semangat menggapai Surga inilah ada sebuah kisah dari Abu Musa al-Asy’ari yang ketika itu berhadapan dengan musuh dalam peperangan, dia berkata, Rasulullah bersabda :

“sesungguhnya pintu – pintu Surga berada dibawah kilatan pedang.” Mendengar itu, “Wahai Abu Musa! Apakah engkau mendengar Rasulullah mengatakannya.”Abu Musa menjawab: “Ya”. Serta orang itu kembali kepada teman-temannya dan berkata:”Saya menyampaikan salam kepada kalian.” Kemudian, dia merobek sarung pedangnya lalu menebaskannya kea rah musuhnya hingga dia terbunuh..”

 

Ayat – ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang Surga.

Allah SWT telah menjelaskan tentang keadaan Surga didalam kitab-Nya dengan keterangan yang nyata sehingga seakan-akan terkihat di depan mata. Penjelasan tentang Surga itu tidak hanya terdapat dalam satu Al-Quran saja, bahkan sangat banyak surat didalam Al-Quran yang berisi berita tentang Surga, diantaranya : “Sesungguhnya orang – orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman , (yaitu) di dalam taman – taman dan mata air –mata air ; mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) mereka berhadap – hadapan. Dan Kami berikan kepad mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran)”. (QS. Ad – Dukhan : 51-55)

“Sesungguhnya Allah memasukkan orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih kedalam Surga – Surga yang dibawahnya mengalir ssungai – sungai. Di Surga itu mereka di beri perhiasan dengan gelang – gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.”           ( QS. Al-Hajj no. 23 )

“Sesungguhnya orang – orang yang bertaqwa itu didalam taman – taman dan di sungai – sungai, ditempat yang disenangi di sisi (Rabb) Yang Maha Perkasa.” ( QS. Al-Qomar : 54-55)

 

 

Hadist – hadist shahih yang menjelaskan tentang Surga.

Ketahuilah, wahai, hamba Allah, bahwa Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan tentang sifat Surga yang dijanjikan Allah kepad orang – orang yang bertaqwa dengan keterangan yang mendalam, detail dan gamblang. Keterangan ini membuat tenteram (hati) orang – orang yang beriman. Orang – orang yang shalih merasakan kenikmatan dengan mengetahuinya, dan orang – orang yang bertaubat merasakan kesenangan dengan mengingatnya.

1.      Orang yang pertama kali masuk Surga

Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Pada hari kiamat nanti aku akan mendatangi pintu Surga, kemudian aku meminta agar dibukakan (pintunya). Maka penjaga bertanya “Siapa anda?”Aku menjawab : ”Muhammad.” Selanjutnya dia berkata:”hanya untukmu aku diperintahkan agar membuka pitu ini dan dilarang bagi seorangpun sebelummu.”” (HR.Muslimno.188 )

Dari hudzaifah Radhiallahu”anha, ai berkata bahwa Rasulullah bersabda “Semua anak Adam berada di bawah benderaku pada hari kiamat, dan aku orang pertama yang dibukakan pintu Surga” (Shahiihul Jaami’ no. 6995)

2.      Sifat rombongan pertama yang masuk Surga

Dari sahabat Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang pertama kali masuk Surga dalam keadaan bagaikan bulan dimalam purnama. Orang yang masuk setelah mereka bagaikan bintang yang sangat terang di langit yang cerah. Mereka tidak buang air besar, tidak beringus, dan tidak meludah. Sisir mereka terbuat dari emas. Keringat mereka adalah minyak kesturi. Tempat Bukhur (pewangi ruangan dan tubuh) mereka adalah batang kayu gaharu. Isteri -isteri mereka semuanya para bidadari. Bentuk tubuh bapak mereka, Adam; tingginya enam puluh hasta di langit.” (Muttafaq “alaih,{al-Bukhari no. 3327 dan Muslim no.2834})

3.      Pintu – pintu Surga

Dari sahabat Sahl Sa”ad, ia berkata Rasulullah bersabda:”Di dalam Surga ada delapan pintu, diantaranya Surga ada yang bernama “Ar-Rayyan”. Pintu itu tidak dimasuki, kecuali hanya oleh orang – orang yang berpuasa.” (HR.Al-Bukhari no. 3257)

4.      Tidak ada kematian dalam Surga

Dari Sahabat Abu’ Sa’id dan abu hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda : “jika penduduk Surga sudah masuk ke Surga, maka ada yang berseru :

“Sesungguhnya kalian akan tetap hidup dan tidak akan mati. Kalian akan tetap sehat dan tidak akan sakit. Kalian akan tetap muda dan tidak akan tua. Kalian juga akan selalu hidup senang dan tidak akan mendapat kesusahan,” (HR. Muslim no. 2837. Diriwayatkan juga oleh Ahmad no. 11905, at-Tirmidzi no. 3246.)

 

5.      Kedudukan Penghuni Surga dan Tingkatan-tingkatan Surga

Dari Sahabat Abu Hurairah,ia berkata,Rasulullah bersabda:”Siapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat dan berpuasa Ramadhan, maka wajib bagi Allah untuk memasukkannya ke Surga, baik dia berhijrah di jalan Allah atau tetap tingal di tanah airnya.” Para Sahabat berkata : “Wahai, Rasulullah, bolehkah kita memberitahukan ini kepada orang banyak?”Beliau bersabda :”Sesungguhnya di Surga ada seratus tingkatan yang telah disediakan oleh Allah bagi para Mijahiddin fii Sabilillah. Setiap dua tingkatan seperti jarak antara langit dan bumi. Maka jika kalian memohon kepada Allah,mohonlah Surga “Firdaus”yang tinggi. Karena Surga dan paling atas. Dan diatasnya terdapat “Arsy ar-Rahman. Dari sana sungai-sungai Surga mengalir.” (HR. Al-Bukhari no.7423,lihat juga Shahiilil Jaami’ no. 7873)

6.      Sifat-sifat Penduduk Surga

Dari Mu’adz bin Jabal Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah bersabda:”Penghuni Surga akan masuk Surga dengan tubuh dan wajah yang tidak berbulu, dan bercelak,mereka berumur 30 tahun atau 33 tahun.”(Shahiihul Jaami’ no. 7924)

7.      Wanita-Wanita Penduduk Surga

Dari Anas bin Malik,ia berkata,Rasulullah bersabda:”…Kalaulah seorang wanita penduduk Surga menampakkan dirinya kepada penduduk dunia,niscaya dia akan menerangi antara keduanya dan bumi akan penuh dengan wewangian. Dan sungguh, penutup kepalanya lebih baik daripada dunia dan sisinya.” (HR.Al-Bukhari)

8.      Makanan dan minuman penghuni Surga

Dari Muwiyyah bin Haidah, ia berkata, Rasulullah bersabda : “sesungguhnya di Surga ada lautan air, lautan madu, lautan susu, lautan khamr, kemudian darinya sungai – sungai mengalir.” (Shahiihul Jaami’ no. 2118)

9.      Pemandangan di Surga

Di Surga ada kenikmatan yang abadi,kebaikan yang merata,dan rahmat dari Allah yang begitu luasnya. Disana ada dipan-dipan tinggi yang terlihat bersih dan suci. Ada gelas-gelas berasal dari emas yang tertata rapi yang disediakan untuk minum,tidak perlu diminta dan dipersiapkan. Ada bantal-bantal dan tilam-tilam untuk bertelekan di waktu bersantai. Di sana sini terhampar karpet-karpet sajadah-sajadah untuk perhiasan dan duduk bersuka ria.Kemahnya yang terbuat dari mutiar,istanya terbut dari emas,hingga pohon yang tumbuh di Surga pun terbuat dari emas.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda : “Tidak ada sebuah pohonpun di Surga, melainksn batangnya dari emas.” (Shahiihul Jaami’ no. 2118)

Ketahuilah, wahai, hamba Allah,bahwa penghuni Surga adalah orang – orang yang merasa takut kepad Allah. Rasa takut yang mendorong kepada kebaikan dan mencegah dari setiap penyimpangan. Rasa takut inilah yang membuat ibadah dan amal menjadi ikhlas, bersih dari noda riya’ dan syirik dari segala bentuknya.

Para penduduk Surga adalah orang – orang yang bertaqwa, takut, lagi waspada. Allah tidak akan menggabungkan dua rasa takut pada satu jiwa, yakni merasa takut kepada-Nya di dunia dan merasa takut kepada-Nya di hari kiamat

Oleh karena itu, siapa yang takut kepada-Nya di dunia, niscaya Allah akan memberikan rasa aman kepadanya di akhirat. Dan bersamaan rasa aman, juga diberikan rasa dekat dan pemuliaan.

Itulah Surga, rambu-rambunya nyata lagi jelas, dan inilah jalannya mudah rata, serta terdapat petunjuk dan penerang disekitarnya. Sekarang, kita akan menuju kesana karena pintu Surga (selalu) terbuka bagi orang – orang yang mau menempuhnya.

Inilah jalan-Nya , sebagaimana yang digambarkan Rasulullah dalam sabdanya : “Surga itu dikelilingi oleh hal – hal yang dibenci (manusia), sedangkan Neraka itu dikelilingi oleh hal – hal yang menyenangkan” (Shahiihul Jaami’ no. 3142)

Juga dalam sabda beliau SAW : “Setiap umatku akan masuk Surga, kecuali orang yang enggan. ” mereka bertanya : “Wahai, Rasulullah, siapa yang enggan?” Beliau bersabda : “barang siapa taat kepadaku, niscaya dia akan masuk Surga, dan barang siapa durhaka kepadaku, berarti dia enggan (masuk Surga).” (HR. Al-Bukhari).

Inilah jalannya para penempuh jalan ke Surga. Hendaklah kita mempersiapkan diri untuk merealisasikannya dan menerapkannya dalam kehidupan. Ini tidak bisa kita laksanakan, kecuali dengan ilmu yang benar yang bersumber dari kitabullah jalla jalaaluh dan sunah Nabi-Nya dan semoga Allah selalu membimbing kita dalam beribadah dan memasukkan kita ke dalam golongan orang – orang ahli Surga, Amiin.

About these ads

4 Komentar

  1. Ada Ribuan Cara Meraih Kekayaan dan Kebahagian. Sayangnya, Tidak Semua Orang Tahu Caranya!

    Melalui buku Indahnya berbisnis dengan Tuhan, seri satu Life Management TrenBiz International ini, Insya Allah penulis akan Menemani Anda menuju indahnya garis taqdir yang Anda dambakan. Anda ngin Sukses… Bacalah buku ini secara tuntas, maksimal selesai dalam tujuh hari…Dan nikmatilah Indahnya Keagungan dan keberkahan Allah. The Beauty of Trading with GOD
    http://www.ayi-ibet.blogspot.com

    Komentar oleh Ayi Muzayini — Desember 1, 2008 @ 2:10 pm

  2. moga-2 kita dimasukkan ALLAH swt di dlmnya
    kita ketemuan di sana ya …..
    InsyaALLAH muda-2han

    Komentar oleh bow... — Desember 20, 2008 @ 4:12 am

  3. sangat menyentuh kalbu,,,,
    thanks…
    smoga kita senantiasa di beri kekuatan oleh Allah untuk menuju surga…
    amiiiiiiiiin

    Komentar oleh mOeldy — April 2, 2009 @ 9:40 am

  4. Terima kasih atas informasinya
    Semoga kita dalam lindungannya,dan kita dapat masuk surga itu adalah semua dambaan semua manusia..
    Semoga kita dilimpahkan segala hidayatnya,,,amin…
    Salam kenal

    Komentar oleh Tanah Lot Bali — Oktober 18, 2010 @ 7:58 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

The Rubric Theme. Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: